CikoBlacksite

Komunitas Blackberry Blacksite

Masalah dan Solusi Memory Blackberry

Masalah paling sering yang dihadapi BB kita semua adalah MEMORY. Yang bikin BB kita lemot-lambat, jam pasir, ga bisa masuk website dll. MEMORY disini saya maksud adalah ‘volatile memory’ ya (semacam RAM di PC). Bukan ’storage memory’ seperti media card contohnya. ‘Sampah’ memory ini bisa diakibatkan dari :

1. Conversation yang tidak ditutup (BBM, YM yang dibiarkan ‘open’).

2. Memori ‘history’ website2 yang dikunjungi browser.

3. Memori ‘log event’ (‘rekord’ otomatis dari ‘event’2 di BB-nya).

4. Terlalu banyak buka aplikasi bersamaan.

5. ‘Cookies’, ‘Cache memory’, yang mempercepat proses tapi menghabiskan memori.

Ada baiknya kita mengetahui cara2-nya selain cabut batere. Kita mulai dengan BB anda di posisi ‘desktop screen’

(1). CACHE CLEANING. Bersihin ‘cache memory’ browser BB:

1. Masuk/ klik ke browser.

2. Tombol BB menu – klik.

3. Pilih : ‘Options’ – klik.

4. Pilih ‘Cache Operations’ – klik.

5. Klik ke 4 tombol ‘clear’ (termasuk ‘clear history’).

6. Termasuk ‘Yes’ untuk ‘delete pushed content’.

7. Selesai.

(2). EVENT LOG CLEANING. Bersihin rekord dari ‘event’/proses di BB.

1. Dari desktop (lagi), pencet tombol ALT (tahan).

2. Pencet huruf L-G-L-G (berurutan).

3. Kemudian BB menu – klik.

4. Pilih ‘clear log’ – klik.

5. ‘delete’ – klik.

6. Selesai. (

3). MEMORY CLEANER.

1. ‘Options’ – klik.

2. ‘Security Options’ – klik.

3. ‘Memory Cleaning’ – klik.

4. Status ‘disabled’ di klik.

5. Pilih ‘enabled’.

6. Lalu 4 baris dibawah menu ‘memory cleaning’, Ada ’show icon on home screen’ klik jadi ‘Yes’.

7. Tekan tombol ‘return’ dan ’save’ changes.

8. Kembali ke ‘homescreen’ dan cari ikon baru ‘memory cleaner’.

9. Gambar ikon-nya, mirip2 printer gitu, nah klik!

10. Selesai. Catatan : Ikon memory cleaner akan ada di homescreen, silahkan klik kapan saja anda perlu bersihin memory. Ikon tsb. ada selama BB anda tidak di restart. Kalau di-restart, maka kita akan ‘keluar’kan dia dengan cara seperti diatas.

(4). RESET : Tekan bersamaan ‘Alt’ – ‘Caps’(kanan) – ‘del’Ini namanya restart (reboot kalo di PC), ada yang bilang ’soft reset’.

(5). CABUT BATERE : Dengan ‘cabut batere’, kita benar2 memastikan tidak ada energi/listrikyang tertinggal. Karena dengan tidak adanya listrik, otomatis yang namanya‘volatile memory’ (memory ada jika ada suplai listrik) akan hilang. Ketika cabut batere, minimal 30 detik, baru kita pasang lagi yaa. Kenapa? Ketika batere dicabutpun, masih ada ’sisa’ tenaga listrik di HH yangakan redup/padam perlahan2. Jika ’sisa’ tsb. belum hilang, dan kita pasangbatere lagi, nyuss, ’seger’ lagi dia dan ‘memory sampah’-nya ga jadi ilang.

By:Ciko

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: